Sepak Bola Mini

Asisten wasit terdiri dari dua orang yang bertugas memberikan isyarat pada wasit. Asisten wasit juga memberikan wasit untuk mengawasi / mengamati pertandingan sesuai oleh peraturan permainan. Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlampau memuaskan karena pembinaan timnas tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.

Menendang bola dengan kaki bagian punggung digunakan untuk jarak tempuh tendangan yang jauh. Ayunkan kaki yang dimanfaatkan untuk menendang bola ke arah depan. Letakkan kaki tumpu disamping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap gerakan.

Ukurannya adalah panjang 18 meter dengan lebar 5, 5 meter. Sepak bola modern mulai bertumbuh di Inggris dan akhirnya menjadi sangat digemari. Di sedikit kompetisi, permainan ini banyak menimbulkan kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I untuk Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada hal-hal tertentu, asisten wasit dapat masuk ke lapangan permainan untuk membantu mengawasi jarak 9, 15 m.

Letakkan kaki tumpu disamping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap arah gerakan. kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan pada teman.

Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola melalui baik. Dengan kata yang lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum sanggup menendang dan mengontrol bola dengan baik. Memberikan isyarat untuk dimulai kembali games bolakaki setelah dihentikan. Melarang orang lain untuk masuk ke dalam lapangan, kecuali untuk pemain dan kedua hakim garisnya. Pola dasar penyerangan untuk menghadapi pertahanan yang rapat atau kuat, dilakukan dengan operan-operan adulador panjang secara langsung tuk memancing lawan supaya mau keluar dari baris pertahanannya.

Dalam era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, lalu Tan Liong Houw. Bahkan, PSSI juga aktif membina kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19, U21, dan U-23). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem punto emas (golden gol) / gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Kedua sistem tersebut tidak pula digunakan oleh IFAB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *